JASA APPRAISAL/PENILAIAN

Appraisal adalah kegiatan untuk memberikan opini tentang nilai pasar dari suatu perusahaan dan atau aset perusahaan, dengan menggunakan metode ; pendekatan data pasar (market data approach), pendekatan biaya (cost approach) dan pendekatan pendapatan (income approach). Dan berpedoman pada SPI Edisi VI - 2015 (Standar Penilaian Indonesia), yang mengacu pada standar penilaian internasional (The International Valuation Standards Committee).

Opini yang dimaksud adalah bersifat netral/independen dan dilakukan dengan cara-cara profesional, yaitu berdasarkan pendekatan dan prinsip yang ilmiah disertai keahlian karena pengalaman penilai dan berpegang teguh pada kode etik penilai.

  1. Tujuan Penilaian
    1. Untuk Property record dan system informasi data-data kekayaan dalam rangka property management.
    2. Untuk mengetahui berapa besar capital - gain atas Investasi yang telah dilakukan.
    3. Untuk tujuan transaksi jual-beli.
    4. Untuk tujuan anggunan atau pertanggungan bank dan lembaga-lembaga keuangan lainnya.
    5. Untuk tujuan go Public.
    6. Untuk tujuan asuransi.
    7. Untuk tujuan Akuisisi (Merger)
    8. Untuk tujuan laporan keuangan.
    9. Atau tujuan-tujuan lainnya.

  2. Metode Penilaian
    Untuk mendapatkan nilai pasar dan jenis nilai lainnya, kami menggunakan pendekatan-pendekatan yang lazim diterapkan dalam appraisal adalah sebagai berikut :
    1. Cost Approach

      Suatu metode dalam mana nilai dari harta kekayaan di peroleh dari penaksiran cost of Reproduction/Replacement New (CRN) dikurangi dengan perkiraan penyusutan.

    2. Market Approach

      Dengan metode ini kami memperhatikan penjualan-penjualan yang terjadi, bila ada dokumentasi, wawancara dengan orang atau Pejabat dan pemilik tanah lainnya yang mengatahui benar mengenai nilai pasar tanah dan transaksi yang terjadi di daerah tersebut serta penawaran-penawaran tanah yang kira-kira sebanding.

      Disamping itu kami juga memperhatikan faktor lokasi, ukuran bentuk, sifat, mudah atau tidaknya dicapai (Aksessibility) dan unsur waktu.

      Data-data pembanding ini kemudian di analisa dan terhadap perbedaan-perbedaan antara aktiva yang dinilai dengan aktiva-aktiva yang sebanding, lalu diadakan penyesuaian dan pembobotan.

    3. Income Approach

      Suatu metode pendekatan (approach) yang didasari pada pendapatan yang akan di peroleh dikemudian hari untuk jangka waktu tertentu dengan menghitung present worth dari pendapatan bersih (net income) pertahun selama jangka waktu tertentu.

  3. Macam - macam Nilai
    Sesuai dengan kebutuhan Perusahaan/pemberi tugas, maka dapat dihitung macam-macam nilai, antara lain :
    1. Nilai Pasar (Market Value)
    2. Nilai Pasar Untuk penggunaan yang ada
    3. Nilai Likuidasi
    4. Nilai Asuransi
    5. Nilai Realisasi Bersih
    6. Dan lain-lain